Terima kasih untuk semua pihak yang telah berpartisipasi pada Perayaan Natal di Panti Werdha Santa Anna, Minggu 21 Desember 2014. Semoga Tuhan membalas budi baik anda semua.

13 April 2008

Pemberkatan Patung Santo Andreas Kim Tae Gon di Stasi Kelapa Gading Jakarta


Disaksikan tak kurang seribu umat Katolik Kelapa Gading Jakarta Utara dan perwakilan umat Katolik Korea yang berada di Jakarta, Pastor Paulus Aureli CP didampingi 4 pastor lain pada 22 September 2007 memberkati patung Santo Andreas Kim Tae Gon. Patung ini terletak di depan gedung gereja stasi Santo Andreas Kim Tae Gon (KTG) Kelapa Gading, Jakarta Utara. Stasi KTG adalah pemekaran dari Paroki Santo Yakobus Kelapa Gading.
Dalam homilinya Pastor Paulus Aureli CP, yang juga Pastor Kepala di stasi ini, mengulas sedikit tentang riwayat Kim Tae Gon. Dalam usianya yang baru 26 tahun, Kim telah menjadi martir. Kim Tae Gon juga adalah imam pertama di Korea. Kim rela mengorbankan nyawanya untuk sebuah kesaksian iman.
Pastor Paulus Aureli CP mengajak umat khususnya di stasi KTG meneladani Kim, baik di lingkungan keluarga, di tengah-tengah masyarakat juga di tempat berkarya. “Berani mewartakan Kasih Kristus dalam keadaan paling sulit sekalipun,” demikian pesannya.
JI Andilolo, salah seorang pengurus dewan stasi mengharapkan patung Kim dapat menjadi simbol bagi umat di stasi, agar senantiasa memberi kesaksian hidup sesuai ajaran Kristus. Beliau juga berharap kehadiran paroki baru (Paroki Santo Andreas Kim Tae Gon) nantinya akan dapat memperluas peran gereja dalam ikut membangun masyarakat khususnya di Jakarta ini. Dalam waktu dekat, stasi dengan jumlah delapan ribu umat yang tersebar di tigabelas Wilayah ini akan diresmikan oleh Uskup Agung Jakarta.


Yohannes Sugiyono Setiadi


Catatan:
Santo Andreas Kim Tae Gon, yang dipenggal kepalanya tahun 1846, adalah salah satu dari 103 Martir Korea yang dikanonisasikan oleh Paus Yohanes Paulus II tahun 1984, pada saat peringatan 200 tahun Gereja Katolik Korea. (Mirifica e-News, 26 September 2006). Pesta nama Santo Andreas Kim Tae Gon, diperingati pada 20 September.