Terima kasih untuk semua pihak yang telah berpartisipasi pada Perayaan Natal di Panti Werdha Santa Anna, Minggu 21 Desember 2014. Semoga Tuhan membalas budi baik anda semua.

13 April 2008

Pelatihan Pembuatan Kompos


Rabu (9/4) bertempat di TK Indriyasana Jalan Kawi-kawi Kramat Jaya Jakarta Pusat terselenggara pelatihan pembuatan kompos dari bahan dasar sampah. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama panitia HUT Paroki Kramat, Yayasan Fransiskus dan pengurus RW setempat. Dalam pelatihan tersebut bertindak selaku intruktur Bruder Tri Muryanto OFM. Hadir dalam kegiatan ini umat di Paroki Kramat dan warga sekitar. Menurut Veronica Susiati Mulya, salah seorang panitia pelaksana, kegiatan ini adalah kelanjutan dari pelatihan sebelumnya yang bertema “penghijauan halaman rumah”. Direncanakan pada Agustus mendatang akan diadakan lomba penghijauan tingkat RT. “Bukan itu saja, diharapkan gerakan cinta lingkungan hidup ini juga akan terus mengupayakan tetap apiknya wilayah sekitar sambil berusaha mengambil peluang ekonomi didalamnya. Untuk itu panitia akan terus berkoordinasi dengan pengurus RW setempat,” demikian Susiati Mulya.
Sebelum pelatihan praktis, bruder Tri mengajak peserta untuk merefleksikan bagaimana kita juga baik langsung maupun tidak, ikut merusak lingkungan di sekitar kita. Ia mengajak peserta mulai dalam komunitas kecil yaitu keluarga, untuk menyadari pentingnya mengelola sampah dengan baik. Pastor Paskalis Bruno Syukur OFM yang ikut hadir dalam kegiatan itu dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini hendaknya terus dibangun. “Bersama anggota masyarakat lainnya mau peduli dengan lingkungan hidup yang sehat dan melakukan gerakan-gerakan yang nyata,” demikian Pastor Paskalis yang juga Provinsial OFM Indonesia ini.

Yohannes Sugiyono Setiadi